Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Tagar di Media Sosial Twitter

Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Tagar di Media Sosial Twitter.

Tagar (hashtag) adalah singkatan dari tanda pagar (#). Tagar punya peran besar dalam meramaikan media sosial Twitter. 

Tagar berfungsi sebagai marking percakapan. Simbol # ini dipopulerkan oleh pengguna Twitter.

Menurut twitter.com, tagar digunakan untuk mengindeks kata kunci atau topik di Twitter. Fungsi ini dibuat di Twitter dan memungkinkan pengguna untuk mengikuti topik yang mereka minati dengan mudah.

Menurut Communication Manager Twitter Indonesia, Cipluk Carlita, awal kemunculan tagar lebih digunakan untuk menggabungkan suatu topik pembicaraan supaya mudah dimonitor oleh pengguna.

"Tagar ini datangnya bukan dari Twitter. It was an idea of a user,” tegasnya dikutip laman femina.

Pada awalnya, tagar Twitter dibuat oleh Jack Dorsey untuk meng-update status pekerjaannya ke semua rekan sekantornya. 

Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Tagar di Media Sosial TwitterDorsey berasumsi, ia tak perlu memberi tahu satu per satu temannya, jadi komunikasinya bersifat satu arah. Karena itu, Twitter hanya terdiri atas 140 karakter.

Sebelumnya, tagar digunakan untuk pengganti kata nomor (nomor 7 menjadi #7).

Selain untuk mengelompokkan topik, tagar banyak digunakan untuk berjualan atau promosi. Untuk masalah sosial politik dan berbentuk gerakan, tagar sekarang makin banyak digunakan sebagai judul atau headline kampanye.

Tagar biasanya dimasuki oleh ‘penumpang gelap’. Para penumpang gelap tagar ini adalah orang-orang yang mem-posting sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan topik dalam tagar. Istilahnya nebeng

"Biasanya, para penebeng ini memang spam, yaitu orang berjualan,” jelas Carlita.

Menggerakkan Massa

Ramainya penggunaan tagar ini berawal pada Oktober 2007. Nate Ritter, seorang warga San Diego, California, Amerika Serikat, selalu menggunakan tagar #sandiegofire di tiap unggahan Twitter-nya. 

Tujuannya adalah memberi informasi atau status terbaru (update) kepada seluruh dunia mengenai status kebakaran yang terus-menerus terjadi di area tersebut.

Beberapa tahun terakhir, peran tagar makin besar, yaitu menjadi simbol untuk menggerakkan massa. Yang termasuk paling besar di dunia adalah saat tagar menjadi salah satu alat penggerak revolusi Mesir, Januari 2011. 

Tagar #jan25 di Mesir meningkat dari 2.300 menjadi 230.000 tiap hari, seminggu sebelum Presiden Hosni Mobarak lengser. 

Mungkin, tagar yang pertama kali menggerakkan masyarakat Indonesia adalah #KoinKeadilan. Tagar ini dibuat untuk menyatakan simpati kepada Prita Mulyasari yang harus membayar denda kepada RS Omni karena ia didakwa mencemarkan nama baik RS Omni.

Melihat aktifnya netizen Indonesia, media sosial sebenarnya bisa menjadi tools kuat untuk menyatukan negara dan mengembalikan kedamaian. 

Contohnya, ketika timmas sepak bola Indonesia masuk final dalam piala AFF 2016 lalu. Beragam tagar, seperti #Ayoindonesia #Timnasday #IndonesiaJuara dan #IndonesiaBisa berseliweran di media sosial, mengalahkan tagar yang sedang tren saat itu, seperti #212.

Post a Comment for "Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Tagar di Media Sosial Twitter"